Monday, 28 August 2017

Awas Hacker! Ikuti Tips Internet Aman di Online

Hacker dan malware merupakan ancaman serius bagi pengguna Internet. Dari pengguna smartphone, komputer dan perangkat lainnya yang terhubung ke Internet memiliki resiko besar akan ancaman cyber.

Kabar baiknya yaitu sebenarnya tidak sulit untuk menerapkan usaha pencegahan untuk meminimalisasi semua ancaman yang ada ketika sedang online.

Tips Internet Aman di Online
Sumber:pixabay.com
Berikut beberapa tips yang dapat Anda mulai:

1. Buatlah password yang kuat
Jangan sampai akun Anda dijebol akibat password Anda yang mudah ditebak atau di-crack. Gunakan password yang kuat dan unik pada setiap akun sehingga apabila ada data akun Anda yang bocor di suatu tempat maka tidak mempengaruhi akun lain. Anda dapat memanfaatkan aplikasi password manager. Jika Anda hanya tidak ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga, pastikan master password pada browser digunakan untuk mengamankan password yang tersimpan.

2. Gunakan koneksi yang aman
Pastikan koneksi Internet yang Anda gunakan aman terutama ketika Anda sedang menikmati Internet melalui layanan wifi umum. Semua website yang menggunakan protokol HTTP dapat diintip datanya sehingga untuk mencegah kegiatan sniffing oleh hacker, Anda harus menggunakan aplikasi Virtual Private Network (VPN).

3. Install Firewall
Meskipun jaringan yang Anda gunakan bersifat aman, namun Anda tetap harus memiliki firewall. Aplikasi keamanan ini dapat menjaga semua perangkat yang terhubung ke Internet termasuk perangkat Internet of Things (IoT) tetap aman. Hal ini penting karena banyak perangkat IoT yang tidak memiliki standar keamanan yang baik sehingga menjadi titik awal hacker menguasai seluruh jaringan Anda.

4. Amankan perangkat mobile Anda
Mungkin saja Anda memilih meng-install game website selain Google PlayStore. Pastikan Anda memeriksa hak akses yang diberikan kepada game atau aplikasi tersebut karena perkembangan malware pada mobile sangat tinggi.

5. Terapkan belanja aman

Jika Anda ingin belanja online dengan aman, pastikan alamat website dimulai dengan "https" bukan "http" dan ada icon gembok yang menerangkan website tersebut aman.

6. Tetap up to date
Pastikan sistem operasi dan software yang digunakan memiliki versi terbaru. Aktifkan fitur update otomatis sehingga Anda tidak perlu repot melakukan rutinitas ini dan pastikan juga aplikasi keamanan memiliki jadwal scan secara rutin.

7. Cari tahu ancaman terbaru
Ancaman online terus berkembang jadi pastikan Anda mengetahui apa yang akan Anda hadapi. Saat ini ransomware sedang naik daun dimana hacker mengunci data Anda dan meminta biaya tebusan. Tetap cari tahu tren ancaman terbaru agar Anda dapat mengantisipasinya.

8. Gunakan Nalar

Jangan mengklik sembarangan untuk mengundang ancaman pada komputer Anda. Saat ini banyak ancaman cyber hanya berbekal teknik phising atau social engineering dimana pengguna komputer berusaha ditipu untuk menjalankan malware atau memberikan informasi pribadi.

Selain menggunakan tips di atas untuk menghindari ancaman di dunia online, pastikan juga untuk mem-backup data Anda sebagai rutinitas dan pencegahan dari kemungkinan terburuk akibat dunia online.

No comments:

Post a Comment