Wednesday, 30 August 2017

Cara Atasi Malware yang Sulit Hilang

Apabila komputer Anda terinfeksi oleh virus atau malware dan aplikasi antivirus Anda sebenarnya telah mendeteksi malware tersebut namun komputer tidak kunjung bersih. Situasi yang Anda hadapi yaitu antivirus selalu mendeteksi malware setiap kali komputer dihidupkan.

Umumnya, malware yang sulit dibersihkan yaitu jenis virus penginfeksi file dimana file sistem ikut terineksi sehingga antivirus tidak dapat membersihkan file sistem tersebut.

Untuk mengatasi malware yang bandel ini, Anda harus mematikan semua proses dan service yang berjalan pada sistem.

Berikut cara yang dapat Anda ikuti pada Windows 10:
1. Buka MSConfig atau System Configuration dengan mengetikannya di Start. Pilih tab Services dan klik tombol Disable All.
Mematikan services pada Windows 10
2. Masuk ke tab Startup dan pilih Open Task Manager. Masuk ke tab Startup dan klik tombol Disable untuk setiap aplikasi yang ada di daftar.
Mematikan startup pada Windows 10
3. Kembali System Configuration, pilih tab Boot dan centang opsi Safe boot. Klik tombol OK dan restart komputer.
Mengatur booting ke Safe Mode
Saat ini, komputer akan booting melalui Safe Mode sekaligus tanpa menjalankan proses dan service yang seharusnya berjalan secara otomatis. Lakukan scan dengan antivirus Anda yang sebenarnya telah mendeteksi malware tersebut.

Apabila antivirus Anda tidak dapat berjalan pada Safe Mode maka Anda dapat mencoba untuk melewati langkah ke 3. Virus seperti Sality dan Virut atau bahkan kombinasi keduanya dapat dibersihkan meskipun tanpa Safe Mode asalkan proses dan service yang dijalankan saat booting dinonaktikan semua.

Setelah malware sukses dibersihkan maka Anda dapat kembali mengatur startup dan service serta kembali ke Normal startup.

No comments:

Post a Comment