Thursday, 31 August 2017

Kenali Kategori Malware Berdasarkan Teknik Persembunyian

Tidak ada kategori yang pasti untuk malware. Hal ini mengingat malware dapat menggunakan beragam teknik yang kompleks untuk melakukan aksinya.
D:\Projects\Doc\Ransomware
Sumber:pixabay.com
Berdasarkan teknik penyembunyian untuk menghindari pendeteksian dari pengguna dan antivirus, malware dapat dikategorikan sebagai berikut:

•    Virus
Malware berjenis virus bersembunyi dengan mengkopi dirinya ke dalam file program lain dengan harapan pengguna tidak mengetahui adanya file berbahaya yang muncul.

•    Trojan
Trojan identik dengan program jahat yang berkedok sebagai program biasa.  Disebar dengan menggunakan teknik social engineering, pengguna dirayu untuk menjalankan jenis malware ini. Lihat saja ransomware yang disebar melalui lampiran email, pengguna diharapkan mau menjalankan file trojan yang dikemas sebagai objek yang menarik untuk dijalankan oleh pengguna.

•    Rootkit
Malware yang tersembunyi dari sistem merupakan penjelasan singkat dari rootkit. Secara teknis, rootkit memanipulasi cara kerja sistem operasi sehingga file, proses atau pun registry yang dibuat oleh rootkit menjadi tidak terlihat oleh pengguna.

•    Backdoor
Ketika sistem sudah terinfeksi, backdoor akan membuka akses kepada pembuat malware melalui jaringan seperti Internet. Backdoor cenderung tidak menampilkan sesuatu kepada korban untuk mempertahankan eksistensinya agar komputer masih dapat diakses secara remote.

•    FUD
FUD atau fully undetected merupakan istilah untuk malware yang diproses sedemikian rupa sehingga menjadi tidak terdeteksi oleh antivirus. Ada berbagai cara untuk menjadi FUD, misalnya dengan teknik obfuscation, pendeteksian terhadap aplikasi emulator hingga pencurian certificate.

No comments:

Post a Comment