Wednesday, 30 August 2017

Sudahkah Hapus Data dengan Aman Sebelum Jual Smartphone Lama?

Sebagian orang mengganti smartphone dengan rutin mengikuti keluaran terbaru dari merk gadget favorit mereka. Tidak sedikit orang yang menjual smartphone lama tanpa memperdulikan data pribadi yang pernah terdapat pada smartphone tersebut.

Ketika Anda menghapus file, apakah data benar-benar telah terhapus?
Jawabannya tidak. Menghapus file berarti Anda memperintahkan sistem untuk menimpa data tersebut di lain waktu. Namun, sampai sistem telah membuat data di lokasi file yang Anda hapus, ada kemungkinan file Anda dapat diambil kembali. Teknik penghapusan data seperti ini disebut logical deletion.

Sementara itu, ada teknik penghapusan data lain yang namanya physical deletion. Teknik ini menghapus data dengan memodifikasi setiap bit menggunakan konten dummy untuk memastikan data tidak dapat diambil kembali atau di-recover.

Jadi, bagaimana membuat smartphone lama yang ingin dijual aman?

Pertama, apabila Anda juga mengikutsertakan memory card ke smartphone yang dijual, pastikan Anda melakukan format memory card Anda tidak menggunakan Quick Format.

 
Sudahkah Hapus Data dengan Aman Sebelum Jual Smartphone Lama?
Format memory card
Perlu diketahui jika memory internal juga dapat di-recover kembali. Bayangkan jika foto, video, pesan dan data pribadi lainnya jatuh ke tangan orang lain?

Apabila Anda pengguna iOS, cukup lakukan factory reset.

Untuk pengguna Android, berhubung ada banyak versi dengan fitur yang berbeda, pastikan Anda masuk ke Settings > Security > Encrypt phone, baru kemudian melakukan factory reset melalui Settings > Backup & reset > Factory data reset.


Sudahkah Hapus Data dengan Aman Sebelum Jual Smartphone Lama?Sudahkah Hapus Data dengan Aman Sebelum Jual Smartphone Lama?

Sekarang, Anda sudah mengeahui cara untuk menghapus data dengan aman sehingga privasi Anda tidak akan terganggu meskipun perangkat lama Anda dijual.

No comments:

Post a Comment