Monday, 28 August 2017

Tips Hindari Ancaman Ransomware

Saat ini jenis malware yang mungkin paling ditakuti adalah ransomware. Ancaman ransomware yang menginfeksi komputer lalu mengunci data penting kemudian meminta biaya tebusan sangat mungkin menimpa diri Anda.

Tips Hindari Ancaman Ransomware
Sumber:pixabay.com
WannaCry merupakan salah satu jenis ransomware yang sempat menghebohkan dunia komputer baru-baru ini. Meskipun sudah banyak jenis ransomware yang beredar sebelumnya, WannaCry menjadi primadona di tahun 2017 ini karena memanfaatkan celah keamanan pada Windows menyerang komputer dengan sistem yang tidak ter-update.

Berikut tips yang dapat Anda ikuti untuk menghindari ancaman ransomware:

1. Backup data Anda
Tidak ada jaminan meskipun Anda membayar biaya tebusan maka data Anda akan kembali. Oleh karena itu, langkah terbaik ialah dengan melakukan backup data secara rutin, termasuk melalui layanan cloud. Saat ini, Anda dapat memperoleh kembali data penting Anda kapan saja tanpa perlu membayar kepada pembuat ransomware.

2. Gunakan produk keamanan yang kuat
Beberapa aplikasi antivirus dapat memblok ancaman ransomware dengan mendeteksi varian yang telah dikenal dan melalui heuristic sehingga sistem Anda akan tetap bersih dari penginfeksian ransomware.

3. Selalu update software
Pastikan sistem operasi dan aplikasi ter-install seperti browser memiliki versi terbaru. Jangan sampai tragedi WannaCry yang menyebar sangat cepat akibat adanya celah keamanan pada sistem operasi.

4. Perhatikan dengan apa yang dibuka
Jangan sembarangan mengklik file atau link. File attachment pada email dapat berupa icon Word namun memiliki ekstensi berbahaya seperti exe, lnk, ps dll.

5. Waspadalah
Penjahat cyber selalu mencari cara baru untuk menginfeksi komputer. Tetaplah mencari tahu mengenai informasi terbaru mengenai ancaman malware dan bagaimana menghindarinya.

Apabila Anda mengikuti tips di atas maka sangat sulit bagi ransomware dapat menginfeksi komputer Anda.

No comments:

Post a Comment