Tuesday, 29 August 2017

Tips Internet Aman Bagi Orang Tua

Bagi Anda yang hidup di era milenium maka kesadaran untuk tetap aman dalam ber-Internet ria akan lebih peka. Kemampuan dalam menggunakan komputer merupakan bekal dasar untuk memahami adanya malware, hacker dan ancaman lain yang dapat merugikan Anda.

Tips Internet Aman Bagi Orang Tua
Sumbe:pixabay.com
Namun, bagaimana dengan orang tua? Mereka mungkin belum sempat menggunakan komputer di sekolah. Oleh karena itu, kewaspadaan mengenai adanya kriminalitas di dunia cyber pun seperti pencurian data tidak disadari oleh mereka.

Jadi, apa saja yang dapat Anda lakukan untuk melindungi orang tua ketika sedang online? Ikuti tips berikut:

1. Lindungi komputer mereka
Komputer merupakan target utama dari penjahat cyber. Jika hacker dapat meng-install malware atau menyusup ke dalam sistem maka mereka dapat mengumpulkan informasi sensitif seperti passwod dan informasi perbankan lainnya. Hal pertama yang dapat Anda lakukan yaitu meng-install antivirus yang andal dan ter-update sehingga dapat memblok ancaman malware secara real-time.

2. Ajarkan cara browsing yang aman
Mayoritas website yang dikunjungi bersifat aman kecuali website yang memang bersifat ilegal seperti mengandung unsur perjudian, pornografi ataupun crack. Beri pemahaman mengenai website yang aman misalnya memberi daftar website yang populer saja. Ajarkan juga cara membuat password yang kuat sehingga tidak mudah ditebak oleh orang lain.

3. Ajarkan mengenai attachment pada email
Hacker suka menipu pengguna komputer. Teknik ini disebut phishing. Ada banyak pesan email yang berpura-pura dari sumber terpercaya seperti bank untuk mendapakan infomasi penting yang bersifat pribadi. Prinsipnya, jangan membuka attachment dari orang yang tidak dikenal, jangan pernah mengirim password atau informasi akun melalui email dan selalu men-scan attachment untuk memastikan tidak terdapat malware.

No comments:

Post a Comment