Tuesday, 26 September 2017

13 Hari Berlalu, Antivirus Ini Tetap Gagal Mendeteksi

Pada tulisan sebelumnya yang berisi uji coba pendeteksian terhadap file keylogger, terdapat 5 antivirus yang berhasil mendeteksi sample malware. Bagaimana hasil pendeteksian kurang lebih 13 hari kemudian? Apakah antivirus lain yang telah menerima sample telah mampu mendeteksi file keylogger?

Dari hasil pendeteksian sebelumnya yaitu tanggal 13 September 2017, telah terjadi perubahan yang negatif yaitu Qihoo-360 yang tidak lagi mendeteksi file keylogger. Antivirus terkenal pun ada yang sudah mendeteksi namun ada juga yang masih gagal mendeteksi file keylogger sebagai ancaman.

13 Hari Berlalu, Antivirus Ini Tetap Gagal Mendeteksi

Antivirus terkenal yang berhasil mendeteksi file keylogger berdasarkan hari ini yaitu AVG, ESET-NOD32, McAfee, Panda, Sophos AV, Avast, Avira, BitDefender dan Symantec.

Antivirus populer di yang masih gagal mendeteksi file keylogger antara lain adalah Baidu, DrWeb, Malwarebytes dan Microsoft.

Yang disayangkan yaitu Malwarebytes dan Microsoft karena pengguna kedua antivirus ini relatif banyak. Baidu sendiri cukup populer karena memasuki pangsa pasar Indonesia dengan produk mereka yang terkesan seperti adware.

Hasil scan lengkap VirusTotal dapat dilihat pada link yang sama dengan tulisan sebelumnya.

Jadi, dari uji coba ini dapat disimpulkan apabila Anda menggunakan antivirus berbayar seperti Malwarebytes, mungkin keputusan Anda perlu dievaluasi kembali.

No comments:

Post a comment