Friday, 15 September 2017

Awas! Serangan Bluetooth Incar Foto Pribadi dengan Mudah

Bluetooth saat ini dimanfaatkan sebagai media transfer data dimana tersedia hampir di seluruh perangkat komunikasi. Celakanya, celah keamanan baru telah teridentifikasi oleh perusahaan keamanan Armis Labs yang mengungkap jika setiap pengguna dengan platform apa saja seperti Windows, Linux, Mac OS bahkan Android dapat terkena hack dengan cepat dengan teknik serangan yang bernama BlueBorne.

Serangan Bluetooth memungkinkan hacker untuk masuk ke perangkat Anda tanpa diperlukan proses pairing atau bahkan perangkat Anda tidak dalam mode discoverable. Ketika suatu perangkat sedang pairing ke perangkat lain pun, serangan ini masih dimungkinkan terjadi.

Awas! Serangan Bluetooth Incar Foto Pribadi dengan Mudah
Sumber:pixabay.com
Dengan perangkat yang berhasil ditembus melalui celah keamanan pada Bluetooth maka foto, kontak dan file apa saja yang terdapat pada perangkat Anda dapat dicuri oleh hacker.

Windows, Linux dan iOS telah merilis patch untuk mengatasi celah keamanan yang diperkirakan mengincar 8 juta perangkat yang memiliki fitur Bluetooth. Hanya saja, permasalahan terbesar yaitu tidak semua orang melakukan update pada sistem operasi mereka.

Permasalahan lainnya yaitu perangkat seperti smartphone yang menggunakan sistem operasi yang tidak didukung lagi pengembangannya tidak akan menerika update keamanan sehingga tetap beresiko akan ancaman yang mengeksploitasi Bluetooth.

Dengan semakin tingginya perangkat mobile dan IoT, fitur yang aktif seperti Bluetooth harus mendapat perhatian lebih seiring tingginya tingkat ancaman keamanan yaitu dengan mematikan fitur yang ada jika tidak sedang digunakan.

No comments:

Post a comment