Thursday, 28 September 2017

Jaga Privasi Ber-Internet dengan Incognito Mode

Tingginya tingkat penggunaan Internet mungkin membuat Anda harus menggunakan komputer atau smartphone orang lain. Bagi sebagian orang, meninggalkan history dari website yang dikunjungi sehingga dapat dilihat orang lain merupakan hal yang tidak nyaman. Incognito Mode merupakan jawabannya.

Jaga Privasi Ber-Internet dengan Incognito Mode

Incognito Mode atau juga dikenal dengan nama private mode merupakan fitur yang disajikan oleh browser untuk menjaga privasi pengguna dengan tidak menyimpan informasi history website yang dikunjungi, cookies, download atau sesi login.

Normalnya, browser akan menyimpan segala aktifitas yang Anda lakukan ketika online. Dari apa yang Anda cari hingga video yang Anda tonton. Oleh karena itu, Incognito Mode membuat tidak ada jejak aktifitas Anda ketika menggunakan browser.

Apabila Anda menggunakan komputer umum, fitur Incognito Mode memang sebaiknya digunakan. Ketika Anda menutup browser, maka website apa yang Anda kunjungi akan tidak dapat diketahui oleh orang yang menggunakan komputer tersebut setelah Anda. Bahkan Anda tidak perlu sign off ketika

Dengan fitur Incognito Mode, browser juga tidak akan menyimpan data login seperti username yang terkadang muncul secara autofill sehingga data pribadi yang Anda ketikan tidak dibaca orang lain. Apa yang Anda download pun tidak ada di history download, tap tentu saja file tetap akan ada di disk hingga Anda memindahkan atau menghapusnya.

Bagaimana cara mengaktifkan Incognito Mode?

Pada Google Chrome, klik tombol dengan tiga titik di kanan atas dan pilih menu New incognito window.

Pada Mozilla Firefox, klik tombol dengan tiga garis di kanan atas dan pilih menu New Private Window.

Untuk menutup mode ini, cukup tutup tab atau browser.

Incognito Mode tidak membuat sesi browsing Anda menjadi anonymous sehingga pihak ISP atau website yang Anda kunjungi dapat melacak alamat IP Anda.

Incognito Mode juga tidak melindungi Anda dari ancaman malware atau pencurian data misalnya ketika berbelanja online atau aktifitas perbankan. Apabila Anda melakukan transaksi penting di komputer umum maka sebaiknnya Anda menggunakan layanan VPN.

Nah, sekarang Anda telah mengetahui cara menonton video memalukan favorit Anda tana perlu takut jika nantinya diketahui orang lain.

No comments:

Post a comment