Tuesday, 26 September 2017

Malware CCleaner Lakukan Aksi Spionase

Mungkin beberapa saat yang lalu Anda telah mendegar aplikasi CCleaner yang telah disisipi malware sehingga mengincar ratusan ribu penggunanya. Aksi yang dilakukan malware dapat dibilang berbahaya yaitu mengumpulkan data pengguna dan membuat komputer dapat dikontrol secara remote oleh hacker. Celakanya, versi CCleaner yang tersisipi malware ini telah tersedia untu di-download sebulan sebelum malware dapat teridentifikasi.

Malware CCleaner Lakukan Aksi Spionase
Sumber:piriform.com
Divisi keamanan Cisco, Talos menduga jika malware CCleaner ditujukan untuk target yang lebih besar yaitu aksi spionase terhadap perusahaan seperti Google, Sony, Intel, Microsoft dan lainnya.

CCleaner merupakan aplikasi yang sangat populer sehingga banyak orang menggunaannya termasuk orang yang bekerja di perusahaan besar. Diperkirakan sekitar 700 ribu komputer terinfeksi oleh malware CCleaner.

Dengan mengincar korban dari perusahaan besar, tentu saja data-data yang dicuri akan sangat berharga untuk tujuan tertentu dan komputer dapat dimata-matai. Namun, tetap saja jika Anda pengguna umum harus selalu mengantisipasi ancaman malware yang bersembunyi dibalik aplikasi terpercaya dengan menggunakan aplikasi firewall.

No comments:

Post a comment