Friday, 8 September 2017

Takut Kena Virus Dari Flashdisk? Cara Ini 100% Efektif

Apabila Anda memiliki rutinitas menggunakan flashdisk dari orang lain dan Anda tidak ingin terinfeksi oleh malware atau virus yang berada di flashdisk tersebut, mungkin Anda dapat mengikuti cara efektif pada tulisan ini.

Mengandalkan antivirus mungkin salah satu solusi termudah untuk menangkal penyebaran virus, namun sudah bukan rahasia jika virus dapat selangkah lebih maju dari antivirus dimana belum tentu virus akan terdeteksi oleh antivirus.

Sumber:pixabay.com
Cara paling efektif untuk memblok virus di flashdisk yang dapat aktif di sistem Anda adalah dengan memblok setiap file di flashdisk dapat tereksekusi di sistem Anda. Sebagai contoh, Anda tidak sengaja membuka file "New Folder.exe" dengan icon folder. Anda berpikir jika Anda sedang membuka folder padahal file program yang sudah Anda jalankan, apalagi jika sistem tidak menampilkan ekstensi file sehingga pengguna akan lebih cepat tertipu.

Berikut cara memblok eksekusi file di drive flashdisk:
1. Buka gpedit.msc (dapat diketik melalui Start menu).
2. Masuk ke Local Computer Security, Computer Configuration, Windows Settings, Security Settings, Software Restriction Policies, Additional Rules.

Takut Kena Virus Dari Flashdisk? Cara Ini 100% Efektif

3. Klik kanan pada Additional Rules dan pilih menu New Path Rule.

Takut Kena Virus Dari Flashdisk? Cara Ini 100% Efektif

4. Klik tombol Browse dan pilih drive flashdisk. Pastikan Security level berisi Diallowed. Klik tombol OK.

Takut Kena Virus Dari Flashdisk? Cara Ini 100% Efektif

Sekarang, coba Anda coba jalankan file program yang Anda percaya di flashdisk. Hasilnya muncul pesan jika program diblok sehingga tidak dapat berjalan.


Pengaturan untuk memblok eksekusi file ini pun berlaku untuk file script seperti VBS, shortcut dan jenis file malware lainnya.

Dengan memblok eksekusi file di drive flashdisk, kini Anda dapat menaruh file ke flashdisk orang lain tanpa takut atau khawatir mengklik malware secara tidak sengaja. Kini, flashdisk asing pun aman 100% dari ancaman malware ketika digunakan di komputer Anda.

No comments:

Post a comment