Tuesday, 5 September 2017

Terungkap! Ini Cara Pulsa Terpotong Saat Browsing

Anda kesal karena pulsa Anda sering terpotong padahal tidak melakukan registrasi pada suatu layanan apapun di ponsel? Jangan heran, apabila Anda mengklik iklan atau banner yang muncul di browser atau aplikasi di ponsel Anda pun itu artinya Anda setuju untuk melakukan registrasi suatu layanan konten yang menyedot pulsa.

Namun, bagaimana jika Anda tidak mengklik satu iklan pun namun pulsa terpotong akibat nomor Anda telah berlangganan layanan konten?

Ternyata penyebab nomor Anda berlangganan layanan konten adalah script jahat yang aktif ketika membuka suatu website.

Mari coba lihat status Facebook yang muncul di timeline saya:
Status Facebook Berbahaya
Jika Anda melihat gambar tersebut maka terdapat tulisan YOUTUBE.COM yang berusaha memanipulasi pikiran Anda dengan menganggap video tersebut akan ada di website YouTube.com. Namun, kenyataannya tidak begitu.

Jika Anda taruh cursor di atas gambar (tanpa diklik), maka di bagian bawah browser akan menampilkan URL atau link tujuan dari video tersebut. Jadi, ketika diklik bukan YouTube.com yang akan terbuka (silahkan lihat gambar di bawah). Sampai tahap ini, stop! Anda sudah yakin kalau status tersebut mencurigakan bahkan membohongi Anda.

Jika ingin terus menganalisa, kita gunakan layanan http://www.checkshorturl.com/ untuk mengecek apa URL asli yang akan dibuka browser Anda. Ternyata URL yang dibuka adalah http://m3sumparahceweknyagaktaukalaulagidirekam.satuan.online/

URL yang dipanggil bisa saja berbahaya, misalnya menyebarkan malware dengan berusaha menipu kembali atau memanfaatkan celah keamanan pada (komponen) browser. Namun, ternyata URL yang panjang tersebut melakukan pencurian pulsa.

Ketika saya melihat source URL terakhir, terdapat link menuju https://aff.mbtrack.info/9yLRsHH456r0B-xUx8MSfhR47C6qFRnUvVOs443DaVFGQBYlakx_i64HeAKVJ-2ljBSswuM_jsrwGIITFCCKPw (lihat gambar di bawah)


URl terakhir tersebut akan membuka http://45.114.143.51/idn/tracker/?keyword=gc1590t6&clickID=3001900001570687318-201709-9303b28b20&pubid=66944 (lihat gambar di bawah)


Terlihat juga dari gambar di atas jika ada URL baru yang dipanggil yaitu http://202.53.250.177/promowap/new/delapansembilan.php?op=XL&src=COM2&kid=1711&clickid=3001900001570687318-201709-9303b28b20

Ketika dibuka maka muncul website http://www.gudangapp.com/xlp/cross/


Namun, coba cek SMS. Apa yang terjadi? Ada SMS baru masuk dari 99189.


Ketika SMS dibuka memang tulisannya "Maaf, Anda tidak dapat berlangganan dari layanan." Hal ini dikarenakan nomor yang saya gunakan sudah saya minta untuk dilakukan Whitelist Global yaitu pemblokiran konten secara keseluruhan.


Namun, jika nomor Anda tidak meminta Whitelist Global maka selamat dapat dipastikan pulsa Anda dicuri akibat membuka website berbahaya yang seringkali disebar melalui Facebook berkedok status berisi gambar atau video vulgar.

Pertanyaannya, apakah pihak operator dapat mem-banned atau memblok layanan yang memaksa pengguna untuk melakukan registrasi layanan konten tanpa mengklik iklan?

Jadi, sekarang Anda harus lebih waspada dalam mengklik link di Facebook atau media sosial lainnya karena ketika membuka website berbahaya dimana pulsa Anda dapat terpotong terus sampai Anda melalukan UNREG. Sialnya, UNREG pun memakai pulsa. Saran saya, hubungi pihak operator untuk meminta bantuan menghentikan layanan konten dan mengembalikan pulsa yang hilang agar pihak penyedia layanan konten nakal tersebut tidak mendapatkan keuntungan sepeser pun dari Anda.

No comments:

Post a comment