Monday, 4 September 2017

Waspada Malware Pada Facebook Messenger

Para penjahat cyber kini juga gencar menyebarkan malware melalui Facebook Messenger dengan cara unik. Baru-baru ini beredar malware yang mengirim pesan berisi nama penerima, kata "video" dan emoji kaget disertai link yang disingkat. Celakanya, pesan ini pun dikirim oleh teman di Facebook Anda.

Ketika penerima pesan mengklik link maka halaman web akan dialihkan ke tampilan dengan gambar kabur yang diambil dari Faceboook si penerima dimana tampilan ini seperti video yang dapat dipasang.

Waspada Malware Pada Facebook Messenger
Sumber:pixabay.com
Ketika tampilan mirip video tersebut di klik, halamam web akan mengarahkan ke suatu web acak berdasarkan jenis browser dan sistem operasi yang digunakan serta beberapa faktor lainnya. Di website acak inilah akan muncul notifikasi untuk meng-install suatu software yang sebenarnya adalah malware.

Misalnya, bagi pengguna Chrome yang akan diarahkan ke website berisi halaman palsu channel YouTube. Nah, di website ini akan ditampilkan pesan error sehingga membuat pengguna untuk meng-install extension pada Chrome.

Tipe malware seperti dijelaskan di atas merupakan jenis malware yang melacak aktifitas browsing pengguna dan menampilkan iklan sesuai lokasi pengguna serta berusaha memperdaya pengguna untuk mengklik link yang berisi malware. Selain meraih keuntungan dengan impresi pada iklan, ada kemungkinan pesan Facebook berbahaya ini bagian dari kampanye malware tertentu.

Bagaimana pesan dikirim oleh teman Facebook? Sepertinya pesan dikirim dari akun yang telah berhasil dikuasai melalui pencurian password.

Bagaimana melindungi Anda dari ancaman malware di Facebook?

Salah satu cara sederhana untuk terhindari dari ancaman penipuan atau phising adalah waspada dengan link yang diterima dari siapa saja. Untuk mempermudah Anda, gunakan antivirus yang ter-update agar dapat melindungi sistem dari penginfeksian malware. Jangan lupa untuk menggunakan fitur laporan untuk setiap pesan atau status di Facebook karena pihak Facebook akan cepat menghapus pesan yang tidak seharusnya Anda terima, setidaknya 1x24 jam Anda tidak membuka suatu pesan dengan link yang tidak dikenal terlebih dahulu.




No comments:

Post a comment