Friday, 6 October 2017

Alasan Penjahat Cyber Buat Status Mesum di Facebook

Media sosial seperti Facebook seringkali dimanfaatkan oleh penjahat cyber untuk mencuri data hingga mendapatkan keuntungan finansial. Bagaimana caranya? Mungkin Anda sering melihat status mesum dari teman atau di grup yang Anda ikuti, ada kemungkinan besar status mesum tersebut merupakan jebakan atau kegiatan phising yang dilakukan oleh penjahat cyber.

Hari ini, saya melihat suatu status mesum di Facebook berisi gambar vulgar berisi informasi untuk menyaksikan video dari gambar tersebut. Bagi Anda yang memiliki gairah muda yang tinggi maka besar kemungkinan Anda mengklik link pada status tersebut.

Ini Dia Alasan Penjahat Cyber Buat Status Mesum di Facebook
Status mesum di Facebook
Setelah link diklik, URL beralih ke http://www.dotkom.ga/verify/dan2/Index.php. Isinya? Halaman login palsu Facebook. Tentu saja, akun Facebook Anda yang diincari oleh penjahat cyber.

Halaman login Facebook Palsu
Halaman login Facebook palsu
Setelah memasukan data login sembarangan dan klik tombol Masuk, URL beralih ke https://moreinfo.download/vipssss/. Isinya? Anda diinstruksikan untuk mengklik iklan dari layanan Google Adsense. Apabila Anda mengkliknya, maka selain data login Facebook Anda yang dicuri maka Anda membantu finansial dari penjahat cyber yang membuat status mesum di Facebook tersebut.

Penjahat cyber memanfaatkan Google Adsense
Penjahat cyber memanfaatkan Google Adsense
Untuk menghindari pengguna Facebook menjadi korban phising di Facebook maka pertama saya laporkan domain https://usduihsdkuhkdhfk.blogspot.com agar di-suspend terlebih dahulu melalui https://safebrowsing.google.com/safebrowsing/report_phish/
Melapokan halaman phishing
Melapokan halaman phishing
Pada status berbahaya di Facebook, klik tombol tiga titik, lalu pilih menu Laporkan kiriman dan laporkan sebagai spam.

Melapokan status berbahaya di Facebook
Melapokan status berbahaya di Facebook

Sekarang, kita laporkan akun Google Adsense dengan kode publisher "ca-pub-7978103499995941" dari penjahat cyber tersebut di https://support.google.com/adsense/contact/violation_report.

Melaporkan akun Adsense penjahat cyber
Jadi, untuk mengamankan diri Anda dari kejahatan cyber maka hindari mengklik status atau link yang tidak jelas, mesum apalagi dari orang yang tidak Anda kenali. Apabila Anda menemukan status mencurigakan maka langsung saja dilaporkan melalui menu yang tersedia agar pihak Facebook cepat menganalisa status tersebut.

Tetap aman!


No comments:

Post a Comment