Thursday, 26 October 2017

Antivirus Terbaik 2017 Untuk Ponsel Android

Zaman telah berubah seiring perkembangan teknologi. Kini, malware tidak hanya lagi mengincar sistem operasi Windows melainkan juga menginvasi sistem operasi untuk ponsel yaitu Android. Antivirus apa yang terbaik dalam menghalau ancaman malware di dunia mobile di tahun 2017?

AV-TEST sebagai lembaga independen telah melakukan uji coba untuk menentukan aplikasi antivirus apa yang terbaik dalam memberikan perlindungan terhadap ancaman malware di Android, termasuk membandingkan dengan Play Protect dari Google. Jadi, apakah solusi third-party lebih baik atau tidak?

Antivirus Terbaik 2017 Untuk Ponsel Android
Sumber:www.av-test.org
Dimulai dari yang terbaik, uji coba memberi hasil enam antivirus terbaik dengan nilai maksimum yaitu Trend Micro, Symantec, Sophos, Cheetah Mobile, Bitdefender, dan Antiy. Semuanya mendapatkan nilai 100 persen untuk performa, penggunaan dan fitur.

Tencent dan McAfee juga memberikan skor yang baik dengan 99.99 persen diikuti G Data, Ahn Lab dan Avast dengan 99.8 persen.

Secara umum, aplikasi antivirus untuk Android berhasil mendeteksi 95.7 persen dari sample terbaru malware Android dan 98.4 persen sample yang ditemukan dalam 4 minggu terakhir.

Mengejutkan, Play Protect ternyata mendapatkan skor yang tidak memuaskan yaitu hanya mendeteksi sample sebesar 65.8 persen dan untuk sample dalam 4 minggu terakhir dapat mendeteksi 79.2 persen.

Apakah antivirus diperlukan bagi ponsel Android Anda? Tidak ada salahnya Anda menggunakan antivirus dan lakukan scan penuh ponsel lalu meng-uninstall-nya. Namun, jika Anda suka mencoba menggunakan aplikasi dari developer tidak terkenal atau katakanlah bukan aplikasi top, maka gunakanlah antivirus.

Penggunaan antivirus akan semakin penting jika Anda suka meng-install aplikasi atau game dari store lain selain Play Store atau ROM yang Anda gunakan sudah terdapat malware pre-insalled serta Anda tidak dapat menghapusnya.

No comments:

Post a Comment