Monday, 16 October 2017

Awas! Tren Malware Cryptominer Manfaatkan Browser!

Malware berjenis cryptominer sudah ada sejak beberapa tahun ke belakang, namun tren malware ini kembali muncul dengan metode baru yaitu memanfaatkan website yang sedang Anda buka. Ya! browser Anda secara diam-diam ternyata telah ditunggangi malware.

Mungkin Anda ada yang merasakan kinerja CPU sangat tinggi ketika membuka website tertentu, tentu saja selain faktor hardware yang kurang mumpuni ternyata saat ini marak malware cryptominer yang menggunakan Javascript untuk melakukan mining Monero.

Awas! Tren Malware Cryptominer Manfaatkan Browser!
Sumbe:pixabay.com
Monero merupakan cryptocurrency baru selain mata uang digital yang sudah sangat terkenal yaitu Bitcoin. Bahkan, saat ini telah tersedia layanan seperti Coinhive atau JSEcoin untuk mengintegrasikan cryptominer dengan website yang dimiliki. Sebagai contoh, kini pemiliki website WordPress dapat dengan mudah melakukan mining dengan meng-install plugin WP Monero.

Dampak dari membuka website yang melakukan mining tentu saja hanya berpengaruh ke kinerja komputer yang menurun terutama bagi komputer dengan spesifikasi yang rendah dalam melakukan multi-tasking.

Untuk mengecek apakah website yang Anda buka terdapat cyptominer biasanya dapat terlihat di penggunaan CPU yang tetap tinggi meskipun website sudah selesai di-load.

Ada beberapa plugin atau extension yang dapat digunakan untuk menghindari browser Anda dimanfaatkan sebagai cryptominer yaitu dengan menggunakan No Coin atau AntiMiner. Penggunaan plugin untuk memblok iklan seperti Adblock pun dapat meminimalisasi website cryptominer dapat diakses di browser Anda. Cara lain yang sudah sepatutnya Anda lakukan yaitu tidak membuka website ilegal seperti penyedia software bajakan atau porno.

Sekali lagi, cryptominer mungkin bukan malware baru, tapi dengan memanfaatkan website yang dibuka pada browser maka akan ada banyak pengguna Internet yang mungkin belum mengetahui jika komputer dan bandwidthnya dimanfaatkan oleh malware.

No comments:

Post a comment