Wednesday, 4 October 2017

Kenali Cara Kerja Serangan DDoS

Distributed Denial of Service (DDoS) merupakan teknik hacking yang memiliki konsep sederhana namun memiliki dampak yang besar karena dapat membuat suatu server atau website tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga dapat menimbulkan kerugian tertentu.

Konsep kerja serangan DDoS yaitu mengirim paket atau trafik secara terus menerus dengan harapan target akan kehabisan bandwidth atau konsumsi resource menjadi sangat tinggi sehingga sistem tidak dapat diakses dengan baik.

Kenali Cara Kerja Serangan DDoS
Sumber:pixabay.com
Berikut cara kerja serangan DDoS secara umum:
- Penjahat cyber menyebarkan malware yang didesain untuk menyebar melalui Internet dan mengincar komputer tanpa diketahui penggunanya. Media yang sering digunakan untuk penyebaran adalah lampiran email, download software dan link dalam aplikasi pesan.
- Malware yang menginfeksi banyak komputer atau disebut juga sebagai botnet dapat melakukan serangan sesuai perintah dari hacker.
- Botnet menyerang target secara bersamaan dengan jumlah trafik yang sangat tinggi sehingga suatu website pun dapat menjadi offline dan tidak dapat diakses oleh pengunjung.

Saat ini, banyak penjahat cyber tidak mesti menyebarkan malware, melainkan dengan menggunakan jasa DDoS atau sering disebut stress testers. Apabila serangan DDoS menyerang suatu perusahaan online maka tentunya dampaknya akan berakibat pada kerugian finansial.

Nah, DDoS merupakan ancaman cyber yang sangat dihindari karena untuk mengatasinya pun memerlukan biaya yang tidak sedikit.

No comments:

Post a comment