Tuesday, 31 October 2017

Virus Ramnit Muncul di Android?

Masih ingatkah Anda dengan virus Ramnit yang cukup populer di Indonesia? Sekitar tahun 2010, Ramnit menyebar sangat cepat dengan menginfeksi file .exe, .dll, .htm, dan .html.

Uniknya, Ramnit kembali ditemukan, kali ini di Play Store dimana aplikasi buatan Lesmana Studio dan Arroya Apps dengan keduanya dari Indonesia menimbulkan peringatan pada berbagai antivirus.

Virus Ramnit Muncul di Android
Sumber:pixabay.com
Tenang saja, Ramnit yang dimaksud ini bukanlah Ramnit yang dapat berjalan di sistem operasi Android melainkan ada file HTML yang terinfeksi Ramnit pada aplikasi di Play Store. File HTML yang terinfeksi oleh Ramnit merupakan file yang disisipi kode VBScript dimana dapat men-drop dan menjalankan file Ramnit ke harddisk.

Meskipun pengguna Android tidak perlu khawatir dengan Ramnit karena tidak dapat menyebar di smatphone namun mungkin hal ini cukup membuat Anda waspada dengan adanya peringatan dari antivirus pada aplikasi yang terinfeksi Ramnit.

Kesimpulannya, banyak developer Android terutama dari Indonesia yang memiliki file terinfeksi oleh Ramnit. Mayoritas antivirus dapat membersihkan file .exe yang terinfeksi oleh Ramnit namun tidak file .htm dan .html.

Untuk memastikan file Anda bersih dari Ramnit, Anda masih dapat mengandalkan PCMAV Express for Ramnit yang dapat di-download di https://www.sendspace.com/file/asa76o untuk membersihkan file .htm dan .html yang terinfeksi Ramnit.

No comments:

Post a comment