Wednesday, 8 November 2017

Awas! Pencurian Data Melalui Keyboard yang Beredar di Indonesia

Bagi Anda yang menggunakan keyboard dengan merk MantisTek GK2 maka berhati-hatilah karena keyboard ini memiliki kemampuan sebagai keylogger yang dapat merekam semua ketikan dan mengirimnya ke server di Cina.

Awas! Pencurian Data Melalui Keyboard yang Beredar di Indonesia
Sumber:lazada.co.id
MantisTek GK2 merupakan keyboard buatan Cina yang dapat dijumpai di Indonesia termasuk toko online Lazada yang memiliki hubungan dengan Alibaba. Informasi yang direkam keyboard dapat berupa akun email, data kartu kredit hingga semua pesan yang Anda kirim. Server yang menjadi tujuan rekaman ketikan dikirim yaitu berada di Alibaba Cloud.

Bagi pengguna MantisTek GK2, lakukan uninstall software yang disertakan bersama keyboard atau blok proses CMS.exe dengan firewall untuk memastikan ketikan Anda di keyboard tidak direkam dan dikirim ke pihak lain.

Namun bagaimana jika Anda telah menggunakan keyboard MantisTek GK2? Perhatikan aktifitas akun bank atau akun lainnya dari kegiatan yang mencurigakan dan segera lapor pihak terkait atau mengganti password Anda untuk memastikan aset Anda tetap terjaga.

No comments:

Post a Comment