Friday, 24 November 2017

Solusi Efektif Melawan Tren Hoax

Dapat dibilang ancaman cyber yang memiliki dampak di dunia nyata adalah berita hoax alias berita palsu. Media besar memang dapat dipakai sebagai senjata untuk mengubah atau mengajak persepsi masyarakat dengan cepat karena banyaknya pengunjungnya namun media kecil tidak mau kalah dengan membuat berita yang bombastis namun hoax.

Tren hoax semakin hari semakin banyak. Bahkan, beberapa media besar pun memang tidak memanfaatkan tren buruk tersebut namun berusaha mempermainkan pikiran pembaca dengan membuat judul yang memancing pengunjung untuk membukanya atau sering disebut clickbait namun isi berita ternyata tidak seperti yang diwakilkan oleh judul tulisan.

Berita hoax dapat sangat bersifat merugikan terutama jika menceritakan atau menyerang pribadi atau pihak tertentu. Sangat disayangkan jika berita hoax pun menjadi viral oleh mayoritas pengguna Internet yang menyebarnya melalui media sosial atau aplikasi pesan.

Solusi Melawan Tren Hoax
Sumber:pixabay.com
Hoax sendiri merupakan sesuatu hal yang diceritakan berlebihan hingga tidak benar. Jatuhnya dapat seperti fitnah bukan? Apakah clickbait merupakan bagian dari hoax? Sepertinya begitu, namun mayoritas pengguna Internet masih menaruh rasa toleransi terhadap clickbait.

Untuk menentukan suatu berita termasuk hoax atau bukan dapat dibilang relatif tergantung beritanya. Anda mungkin dapat mencari di Wikipedia atau kembali googling untuk mencari sumber dari website terpercaya untuk memastikan kebenaran dari suatu berita. Namun, seringkali hal-hal baru yang menjadi berita dan terkesan hoax belum terdapat penjelasannya di sumber terpercaya. Oleh karena itu, berita seperti ini yang mudah sekali menyebar oleh pengguna Internet.

Untuk melawan hoax yang bahkan dapat dijadikan sebagai senjata politik, ada beberapa cara yang dapat diterapkan, antara lain:

- Minta media sosial menghapus pesan hoax dan menutup akun penyebarnya.
Berita yang menjadi viral karena banyak disebarkan dapat dengan mudah oleh pihak media sosial. Bahkan, dengan menutup akun penyebar hoax maka rantai hoax dapat dihapus dengan efektif.

- Banyak website menyajikan berita hoax sebagai mata pencarian dengan berharap tingginya trafik sehingga pendapatan pun bertambah, misalnya dari frekuensi iklan yang tayang atau diklik. Dengan memblok akun  pada layanan online revenue yang memanfaatkan berita hoax pada website-nya, tukang hoax diperkirakan akan berkurang secara drastis.

- Buat organisasi yang mencari berita hoax sehingga hoax dapat ditangkal dengan cepat dan tidak lebih banyak menyebar.

Pemerintah memang harus turun tangan untuk mengatasi permasalahan gosip pada dunia cyber. Hal ini dikarenakan pemerintah memiliki prioritas dan otoritas yang jauh lebih tinggi dibandingkan pengguna Internet secara umum kepada pihak media sosial dan yang terkait.

Hoax mengenai makanan, obat-obatan atau hantu mungkin terkesan hanya membodohi orang. Namun, hoax yang berisi berita negatif terhadap individu tentunya akan merugikan pihak tertentu. Tidak bisa dipungkiri jika hoax dapat dijadikan alat black campaign dan sesuatu hal yang bersifat politisir ini seharusnya tetap ditanggapi pemerintah secara independen.

Jadi, selain bekerja sama dengan media sosial, layanan online revenue dan website yang terkait dengan penyebaran serta keuntungan pembuat hoax, solusi terpenting adalah Anda sebagai pengguna Internet yang harus cermat memilah informasi yang didapatkan. Jangan sampai doktrin palsu yang menurut Anda benar dengan mudah dibagikan ke orang lain. Hanya sebarkan berita yang sudah pasti kebenarannya, terkecuali lelucon.

No comments:

Post a comment