Friday, 22 December 2017

Trik Mendapatkan Update Windows XP hingga April 2019

Windows XP tidak lagi didukung oleh Microsoft, baik dari pengembangan hingga update terbaru. Meskipun bulan lalu, Microsoft ternyata mengeluarkan update yang sangat krusial yaitu untuk menutupi celah keamanan yang dieksploitasi oleh ransomware WannaCry namun kini ada trik untuk membuat Windows XP lebih stabil dan aman dengan update resmi dari Microsoft.

Beberapa perusahaan membayar Microsoft untuk terus meng-update Windows Embedded POSReady yang berbasis Windows XP SP 3. Dukungan untuk Windows Embedded POSReady 2009 sendiri akan berakhir pada 9 April 2019 dimana momen ini dapat dimanfaatkan untuk juga bagi pengguna Windows XP untuk menerima update terbaru terutama yang berhubungan dengan keamanan.

Trik Mendapatkan Update Windows XP hingga April 2019
Sumber:pixabay.com

Trik yang berlaku untuk Windows XP SP 3 32 bit dapat dilakukan dengan memodifikasi registry HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\WPA\PosReady dengan menambahkan key dword Installed.

Jika Anda tidak terbiasa dengan program Regedit, gunakan cara berikut untuk membuat file yang tinggal Anda jalankan untuk mengaktifkan Windows XP Anda agar dikenal sebagai Windows Embedded POSReady oleh Microsoft.

- Buka Notepad
- Paste teks berikut:
Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\WPA\PosReady]
"Installed"=dword:00000001

- Simpan dokumen sebagai file xp.reg (ekstensi .reg, bukan .txt)
- Jalankan file xp.reg dan selesai!

Lakukan restart untuk memastikan konfigurasi telah berubah. Sekarang, paling tidak Windows XP Anda tetap menerima update keamanan untuk memastikan tidak ada celah keamanan yang dapat dieksloitasi oleh hacker atau malware.

No comments:

Post a Comment