Wednesday, 15 November 2017

Kebiasaan Umum Dalam Memakai Komputer Ini Dapat Berbahaya

Internet saat ini menjadi rutinitas yang hampir dilakukan oleh banyak orang, misalnya di pagi hari Anda langsung mengecek email dan notifikasi di aplikasi kirim pesan atau media sosial. Kegiatan yang dilakukan ini sangat normal dan spontan tanpa berpikir panjang lagi. Nah, ada kebiasan umum lain yang berpotensi negatif terhadap keamanan cyber Anda tanpa disadari. Apa saja?

Kebiasaan Umum Dalam Memakai Komputer Ini Dapat Berbahaya
Sumber:pixabay.com
1. Mudah men-download aplikasi
Anda melihat iklan suatu aplikasi di halaman website, browser atau aplikasi lain lalu dengan mudah meng-install-nya. Stop! Jangan biarkan aplikasi asing dengan mudah ter-install di perangkat Anda apalagi dari developer yang tidak terkenal. Pastikan Anda membaca hak akses yang diminta oleh aplikasi, begitu pula dengan add-ons pada browser yang banyak memiliki hak akses berlebih sehingga dapat merealisasikan pencurian data.

2. Langsung meninggalkan komputer
Apabila Anda ingin istirahat sebentar dari rutinitas di depan komputer, apa yang biasanya Anda lakukan? Stop meninggalkan langsung komputer tanpa dikunci dengan password terlebih dahulu. Jadikan ini sebagai kebiasaan yang mungkin agak mengganggu daripada data Anda dapat diakses oleh orang lain atau ada USB flashdisk yang terdapat malware dapat dicolokan dan dijalankan di komputer Anda.

3. Cuek dengan notifikasi update
Notifikasi update mungkin dianggap tidak penting oleh Anda. Tapi tahukan Anda jika sistem operasi Windows akan dapat mudah terkena hack atau terinfeksi malware akibat update pada sistem atau aplikasi yang tidak dilakukan. Pastikan sistem operasi, browser dan komponennya seperti Adobe Flash dan Java serta aplikasi online lainnya dengan cepat di-update untuk menghindari ancaman cyber terbaru.

5. Mudah mengklik link
Penasaran merupakan kebiasaan setiap manusia. Apabila Anda menemukan link dengan judul yang sangat menarik maka stop untuk langsung mengkliknya tanpa berpikir dua kali. Meskipun tidak mudah menentukan link yang berbahaya atau tidak, Anda dapat memanfaatkan antivirus atau add-ons yang dapat memblok website berbahaya termasuk phising.

6. Langsung mengklik Terms of Service
Ketika Anda meng-install aplikasi terutama di Windows, janganlah langsung mengklik persetujuan Terms of Service. Tidak sedikit aplikasi yang di-install akan mengumpulkan informasi dari komputer dan mengirimnya ke server mereka dimana semua ini telah Anda setujui melalui Terms of Service.

7. Register akun dengan login media sosial
Apabila Anda ingin registrasi di website yang kiranya memiliki data penting Anda maka janganlah menggunakan akun media sosial seperti Facebook atau Twitter. Hal ini untuk menghindari apabila akun media sosial Anda terkena hack maka akun di website lain tidak dapat diakses dengan menggunakan login media sosial tersebut.

8. Register dimana-mana
Apabila Anda ingin memiliki keperluan yang bersifat sementara di suatu website dan memaksa Anda untuk memiliki akun di website tersebut terlebih dahulu, janganlah dengan mudah registrasi dengan email pribadi Anda. Gunakan layanan email sementara untuk melakukan proses registrasi untuk mencegah email pribadi Anda dijadikan sasaran spam. Googling "temporary email" untuk memiliki alamat email sementara dengan cepat.

9. Mudahnya menaruh data pribadi
Apa yang Anda taruh di Internet seperti nomor telepon, email dan foto maka besar kemungkinan objek tersebut bukan menjadi hal pribadi lagi. Oleh karena itu, sebelum Anda menaruh atau membuat status maka pastikan informasi tersebut memang layak untuk dibagikan.

No comments:

Post a comment